Jumat, 02 Oktober 2009

President University dan G&P Retail Consulting Siapkan Profesional di Bisnis Ritel Modern

Sektor Ritel modern Indonesia berkembang pesat seiring masuknya pemain asing yang mendominasi ritel modern Indonesia. Sayangnya kemajuan sektor ritel modern tidak serta merta diimbangi oleh ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang memadai. Sebagai konsekuensinya bisnis ritel modern menyerap tenaga lulusan terbaik dari berbagai disiplin ilmu untuk menjalani program Management Trainee (MT) di perusahaan ritel khususnya peritel multinasional dan nasional. Program MT dimaksudkan untuk mendidik tenaga fresh lulusan perguruan tinggi dari berbagai jurusan untuk belajar bisnis ritel modern dari berbagai aspek. Idealnya program ini berlangsung dalam kurun waktu 1 tahun namun kecepatan pertumbuhan sebuah bisnis seringkali lebih cepat dari selesainya program sehingga seringkali program ini pun tidak berjalan sebagaimana dengan waktu yang direncanakan.
Jika perusahaan besar mampu menyediakan program MT bagaimana halnya dengan perusahaan ritel skala menengah dan kecil, di daerah, yang kurang memiliki pengetahuan tentang bagaimana mendidik seseorang fresh graduate untuk menjadi profesional di bisnis ritel? Peritel daerah ini terus tumbuh. Mereka akhirnya harus merekrut tenaga yang ada di pasar. Masalahnya tidak semudah itu. Pertama, dalam memperebutkan sumber daya manusia (SDM) terbaik pastilah peritel kecil akan kalah menarik dibandingkan peritel skala besar yang punya nama. Kedua, SDM dengan pengalaman beberapa tahun saja di peritel besar akan berharga sangat mahal sehingga taruhan bagi peritel kecil adalah sangat besar karena belum tentu profesional yang telah dibayar mahal tersebut mampu menjawab tantangan pekerjaan sebagaimana diharapkan. Intinya, ketersediaan tenaga terdidik dan berpengalaman masih jauh di bawah kebutuhan industri ritel modern dan hal ini merupakan masalah utama di seluruh bagian wilayah Indonesia tanpa kecuali.
Melihat fakta yang ada di industri inilah President University, Faculty of Business and International Relations bersama-sama dengan G&P Retail Consulting membentuk Retail Business Concentration dibawah koordinasi Program Studi Administrasi Bisnis (Business Administration). Program Konsentrasi ini diluncurkan pada awal semester bulan September 2009 ini.
Sejumlah matakuliah konsentrasi yang ditawarkan akan meliputi matakuliah di bidang Retail Operation, Retail Merchandising/Buying, Retail Marketing & Communication, Retail Business Information Technology; dimana seluruh aspek dalam dunia ritel modern yang harus diketahui oleh mahasiswa untuk memungkinkannya menjadi peritel handal setelah lulus.
Kurikulum disusun dengan mengedepankan bukan saja aspek teori namun terlebih lagi ilmu terapan yang sesuai dengan iklim usaha ritel Indonesia tanpa mengabaikan perkembangan ilmu ritel di negara maju lainnya untuk itu President University juga akan melakukan kerja sama dengan institut dari beberapa negara lain.
Program Konsentrasi Retail Business ini merupakan program studi Strata 1 bergelar Bachelor of Business Administration (BBA) yang bisa diselesaikan mahasiswa dalam waktu 3,5 tahun, dimana didalamnya sudak termasuk Program Internship (magang) yang wajib dilakukan oleh mahasiswa serta penyusunan skripsi yang akan mengkedepankan diskusi masalah-masalah bisnis ritel yang up-to-date.
Selain menerima mahasiswa baru, Program Konsentrasi Retail Business yang baru dibentuk ini juga menerima mahasiswa transfer dari program studi lain yang sudah menjalani perkuliahan yang ternyata lebih tertarik dengan masa depan karir yang menjanjikan dari lulusan Program Konsentrasi Retail Business.
Christian F. Guswai, Konsultan bisnis retail yang digandeng President University untuk menyiapkan Program Studi Konsentrasi Retail Business, mentargetkan serapan 100% dari lulusan yang dihasilkan oleh program konsentrasi ini. Alasannya, lulusan Program Konsentrasi Retail Business President University ini tidak saja dibekali teori ilmu ritel terapan dari pengalaman panjang beliau selaku praktisi namun juga akan dilengkapi dengan pengalaman kerja nyata selama magang (internship) di perusahaan-perusahaan ritel ternama yang bekerja sama dengan President University. Sehingga lulusan program studi bisnis ritel ini telah siap bekerja di perusahaan ritel yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar