Selasa, 29 September 2009

Siapakah Orang Terkaya Di Dunia? Yang pasti bukan Bill Gates atau Warren Buffett


Laporan orang terkaya di dunia telah diumumkan oleh majalah bisnis Forbes edisi 11 Maret 2009. Jika Anda mengatakan Bill Gates di nomor 1 (kekayaan bersih 40.0 Milyar USD) dan Warren Buffet di nomor 2 (dengan kekayaan bersih 37 Milyar USD) maka itu tidak 100% benar karena sesungguhnya orang terkaya di dunia adalah keturunan dari raja Bisnis Ritel Dunia yaitu keturunan dari pendiri Wal-Mart alias putra putri Sam Walton.
Mari kita lihat data berikut. Meskipun berada diurutan 11 sampai 14 dari daftar orang terkaya di dunia namun jika kekayaan bersih dari Jim, Alice, Christy, dan Robson yang kesemuanya bermarga Walton digabung maka total kekayaan mereka berempat adalah 70.6 Milyar USD, atau hampir menyamai bahkan jika kekayaan Bill Gates dan Warren Buffett digabung jadi satu.
Banyak dari klien saya bertanya apakah prospek bisnis ritel masih baik? Jawabannya pasti, jika dan seandainya dikelola dengan benar maka hampir dipastikan bahwa bisnis ritel adalah bisnis yang luar biasa.
Sam-Walton bukanlah pendiri konsep hypermarket. Konon, di sebuah buku diceritakan bahwa sesungguhnya Sam Walton pergi ke Eropa mempelajari bagaimana konsep hypermarket yang telah dimulai oelh Carrefour. Konsep itulah yang dibawa oleh Sam ke Amerika untuk dikembangkan dengan bendera Wal-Mart.
Dengan kata lain Sam Walton tidak menemukan konsep hypermarket namun hari ini tidak ada yang bisa membantah bahwa Wal-Mart yang dibangun dengan konsep meng-copy dari Carrefour telah menjadi bisnis raksasa dan menjadi yang terbesar di dunia.

1 komentar:

  1. Memasuki hari ke-3 sejak dimuat di www.wikimu.com artikel di atas dipilih pembaca Wikimu.com menjadi artikel Paling Berguna di bulan ini yang baru berjalan 3 hari.

    BalasHapus